Jasa Laser Cutting

Mengapa laser digunakan untuk memotong

Laser digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu cara yang digunakan adalah untuk memotong piring logam. Pada baja ringan, stainless steel, dan plat aluminium, proses pemotongan laser sangat akurat, menghasilkan kualitas potongan yang sangat baik, memiliki lebar kerf yang sangat kecil dan zona pengaruh panas kecil, dan memungkinkan untuk memotong bentuk yang sangat rumit dan lubang kecil.

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa kata “laser” sebenarnya merupakan akronim untuk amplifikasi cahaya dengan merangsang emisi radiasi. Tetapi bagaimana cahaya dipotong melalui pelat baja?

Cara kerja pemotong laser – Klik untuk tampilan yang lebih besar berfungsi

Balok laser adalah kolom cahaya intensitas yang sangat tinggi, dari panjang gelombang, atau warna. Dalam kasus laser CO2 khas, bahwa panjang gelombang berada di bagian infra-merah dari spektrum cahaya, sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Sinar hanya berdiameter sekitar 3/4 inci saat bepergian dari resonator laser, yang menciptakan balok, melalui jalur balok mesin. Ini dapat dipantul dalam arah yang berbeda oleh sejumlah cermin, atau “balok benders”, sebelum akhirnya fokus ke piring. Balok laser yang terfokus melewati lubang nosel tepat sebelum menyentuh piring. Juga mengalir melalui bore nozzle adalah gas terkompresi, seperti oksigen atau nitrogen.

Memfokuskan sinar laser dapat dilakukan oleh lensa khusus, atau dengan cermin melengkung, dan ini terjadi di kepala pemotongan laser. Balok harus difokuskan secara tepat sehingga bentuk titik fokus dan kepadatan energi di tempat itu sangat bulat dan konsisten, dan dipusatkan dalam nozzle. Dengan memfokuskan balok besar ke titik puncak tunggal, kepadatan panas pada titik itu ekstrem. Pikirkan tentang menggunakan kaca pembesar untuk memfokuskan sinar matahari ke daun, dan bagaimana itu bisa menyalakan api. Sekarang pikirkan tentang memfokuskan 6 kwatt energi menjadi satu tempat, dan Anda dapat membayangkan seberapa panas tempat itu akan mendapatkan.

Kepadatan daya tinggi menghasilkan pemanasan cepat, peleburan dan penguapan sebagian atau lengkap dari bahan tersebut. Saat memotong baja ringan, panas sinar laser sudah cukup untuk memulai proses pembakaran “oxy-fuel” yang khas, dan gas pemotongan laser akan menjadi oksigen murni, seperti obor bahan bakar oksi. Saat memotong stainless steel atau aluminium, balok laser hanya melelehkan bahan, dan nitrogen tekanan tinggi digunakan untuk meniup logam cair dari kerf.

Pada pemotong laser CNC, kepala pemotongan laser dipindahkan di atas pelat logam dalam bentuk bagian yang diinginkan, sehingga memotong bagian dari lempeng. Sistem kontrol ketinggian kapasitif mempertahankan jarak yang sangat akurat antara ujung nozzle dan pelat yang sedang dipotong. Jarak ini penting, karena menentukan di mana titik fokus relatif terhadap permukaan pelat. Kualitas potong dapat dipengaruhi dengan menaikkan atau menurunkan titik fokus dari tepat di atas permukaan pelat, di permukaan, atau tepat di bawah permukaan.

Ada banyak, banyak parameter lain yang memengaruhi kualitas potong juga, tetapi ketika semua dikontrol dengan benar, pemotongan Laser Cutting adalah proses pemotongan yang stabil, andal, dan sangat akurat.